HUBUNGAN KONSUMSI TABLET FE DAN PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN TERHADAP PERDARAHAN PERSALINAN

Authors

  • Detty Afriyanti . S

Abstract

Ibu hamil memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami anemia defisiensi zat besi. Sangat erat kaitannya konsumsi tablet fe dengan kadar hemoglobin pada ibu hamil,kadar hemoglobin < 11 gr% menyebabkan anemia.Anemia pada kehamilan dapat menyebabkan perdarahan persalinan akibat kelemahan otot-otot rahim.
Tujuan penelitian ini adalah mencari hubungan konsumsi tablet fe dan pemeriksaan hemoglobin terhadap perdarahan persalinan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan crossectional.
Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah ibu postpartum pada bulan Juli dengan jumlah 30 orang. Alat pengumpulan data yang dipergunakan pada penelitian ini adalah observasi dengan teknik checklist. Analisis data menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian didapatkan responden yang mengkonsumsi tablet fe sebanyak 26 orang (86.7%) Responden yang memeriksakan hemoglobin sebanyak 21 orang (70%). Responden yang tidak mengalami perdarahan sebanyak 26 orang (86.7%). Adanya hubungan yang bermakna antara konsumsi tablet Fe terhadap perdarahan persalinan.Tidak adanya hubungan yang bermakna antara pemeriksaan hemoglobin terhadap perdarahan persalinan
Disarankan kepada profesi bidan dapat mencegah perdarahan pada ibu bersalin dengan mengadakan penyuluhan tentang pentingnya konsumsi tablet fe dan pemeriksaan hemoglobin dan menyarankan ibu hamil untuk ANC secara teratur. Sehingga komplikasi perdarahan dalam persalinan dapat diminimalkan.
Kata kunci : konsumsi tablet fe,pemeriksaan hemogobin dan perdarahan persalinan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2012-06-20

How to Cite

. S, D. A. (2012). HUBUNGAN KONSUMSI TABLET FE DAN PEMERIKSAAN HEMOGLOBIN TERHADAP PERDARAHAN PERSALINAN. Bidan Prada, 3(01). Retrieved from https://ojs.stikesylpp.ac.id/index.php/JBP/article/view/15