ANALISIS TINGKAT PENDIDIKAN DAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 48 – 60 BULAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara : (1) Tingkat pendidikan dengan perkembangan anak, (2) Pola asuh orang tua dengan perkembangan anak, (3) Perbedaan pola asuh orang tua dengan perkembangan Anak usia 48 – 60 bulan jika dikontrol oleh tingkat pendidikan di Desa Mudal Boyolali.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan cross sectional design. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai anak usia 48 – 60 bulan di Desa Mudal Boyolali. Teknik sampling yang digunakan adalah Area sampling. Teknik pengumpulan data untuk pendidikan, pola asuh orang tua menggunakan kuesioner sedang perkembangan anak menggunakan test DENVER II. Teknik analisis data menggunakan teknik ANCOVA. Pengolahan data menggunakan bantuan computer dengan program SPSS versi13.0 for windows.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan taraf signifikasi 5% diperoleh : (1) Ada hubungan yang signifikanantarapendidikan denganperkembangan anak, karenadiperolehp ,000( <0,05) dan r squared 41,1%; (2) Ada hubungan yang signifikanantarapola asuhdengan perkembangan anak, karena diperoleh p ,000 dan r squared 60,3%; (3) Ada hubungan yang signifikanantarapola asuh orang tuadenganperkembangan anak jika dikontrol dengan pendidikan, karena diperoleh p ,000 (<0,005) dan r squared 71,3%. Antara pola asuh dengan pendidikan didapatkan nilai sig 0,079 berarti terdapat kesamaan regresi atau tidak ada interaksi antara pola asuh dengan pendidikan, dan hasil output menunjukkan variabel corvariat ternyata signifikan.
Penyuluhan akan pendidikan dan pentingnya dalam penerapan pengasuhan anak sangat dibutuhkan di daerah – daerah yang jauh dari perkotaan, hal ini dapat melalui media maupun petugas pemerintah demi penerus generasi yang tangguh.
Kata-kata kunci : Pendidikan, Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Anak